widget

Sabtu, 18 Oktober 2014

BELIEVE IT OR NOT - Awas! Anak Salah Tidur, Tulang Bisa Bengkok


Awas! Anak Salah Tidur, Tulang Bisa Bengkok


NOTHING IMPOSSIBLE - Apakah Anda pernah memperhatikan bentuk tulang belakang anak Anda yang tidak lurus seperti anak lainnya? Mungkin anak Anda menderita skoliosis. Skoliosis merupakan suatu kelainan bentuk tulang belakang yang mana tulang belakang membengkok ke samping sehingga membentuk huruf ‘C’ ataupun ‘S’. Biasanya dapat terlihat pada bagian pinggul atau bahu yang tinggi sebelah dan tidak simetris.

Skoliosis dapat timbul tanpa diketahui penyebabnya atau disebut skoliosis idiopatik dan dapat juga disertai penyebab seperti trauma ataupun kesalahan kebiasaan posisi duduk atau bahkan kebiasaan tidur saat masih kecil.
Skoliosis biasanya menimbulkan nyeri pada penderitanya, terutama jika penderita kelelahan, terlalu lama duduk atau berdiri, dan mengangkat beban berat. Hal ini dikarenakan beban yang ditumpu oleh tulang belakang tidak seimbang sehingga lokasi tulang belakang tersebut bengkok akan terasa nyeri.
Penanganan skoliosis dapat dilakukan dengan 3 cara.

1. Pengamatan Langsung.

Pengamatan langsung yang dilakukan dimaksudkan untuk mengontrol derajat dari kelengkungan tulang apakah bertambah setiap tahunnya. Biasanya dilakukan oleh penderita skoliosis dengan derajat ringan.

2. Menggunakan Penyangga.

Untuk penggunaan penyangga, paling efektif dilakukan sejak usia dini hingga usia pubertas karena dimaksudkan saat masa pertumbuhan tulang si anak, dicegah supaya bengkoknya tulang tidak progresif.

3. Operasi.

Sedangkan untuk tindakan operasi biasanya dilakukan terhadap pasien-pasien dengan derajat kelengkungan lebih dari 40 derajat karena biasanya semakin besar derajat kelengkungan tulang belakang seseorang, akan semakin banyak pula keluhan-keluhan yang dirasakan, seperti nyeri hebat ataupun sesak napas.
Namun harus diingat bahwa semua jenis penanganan tersebut bukan untuk meluruskan kembali tulang belakang yang telah bengkok, melainkan untuk mencegah supaya tulang yang sudah bengkok tidak semakin membengkok.

SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar