widget

Jumat, 24 Oktober 2014

nothing impossible - Benarkah Mendengarkan Lagu Favorite Bisa Menjadikan Kita Lebih Pintar?


Entah lagu favorite Anda tersebut adalah “Musik Dangdut”, “Musik Pop”, atau “Musik Keroncong”, otak  Anda bereaksi terhadap lagu-lagu tersebut dengan cara yang sama.

Temuan ini mengejutkan peneliti, yang dilaporkan dalam sebuah Laporan Ilmiah, memberikan sumbangan besar terhadap preferensi musik selanjutnya.


Ketika kita mendengarkan musik favorit, pikiran kita cenderung bergeser kedalam mengaktifkan Default Mode Network (DMN), sebuah jaringan yang berada di area otak yang aktif ketika seseorang terjaga dalam kondisi istirahat. Lagu-lagu favorite tersebut tampaknya juga memicu hubungan antara Circuts dan Hippocampus, sebuah wilayah yang bertanggung jawab terhadap memori dan emosi.


Benarkah Mendengarkan Lagu Favorite Bisa Menjadikan Kita Lebih Pintar?
BELIEVE IT OR NOT

Dalam sebuah eksperimen, peneliti men-scan 21 otak relawan yang mendengarkan tiga jenis musik yang berbeda, satu dari genre musik yang disukai, satu dari genre musik yang tidak disukai, dan satunya adalah dari lagu yang paling mereka sukai. Dengan menguraikan kembali pola otak yang dipengaruhi ritme dan lirik, peneliti menemukan bahwa DMN diaktifkan ketika relawan mendengarkan lagu-lagu yang disukai mereka, dan dilepaskan ketika mendengarkan dari genre musik yang tidak disukainya. Musik favorit berkisar antara Classical hingga Country, dengan lirik atau tanpa lirik.

“Temuan ini mungkin bisa menjelaskan antara keadaan emosional dan mental tertentu bisa dialami oleh orang-orang yang mendengarkan musik yang berbeda-beda seluas Bethoven dan Eminem”. Penulis menjelaskan.

Diluar faktor tersebut, peneliti berharap penemuan mereka bisa digunakan untuk studi lebih lanjut apakah orang – orang dengan autisme, yang mungkin berjuang  dengan aktifitas DMN bisa memperoleh manfaat dari terapi musik tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar