widget

Selasa, 28 Oktober 2014

nothing impossible - Menteri Di Dunia yang Tidak Lulus SMA


 Susi Pudjiastuti


Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dari Kabinet Kerja Jokowi-JK 2014-2019 paling menyita perhatian. Selain memiliki gaya yang agak nyentrik, wanita 49 tahun yang sukses sebagai pengusaha ini ternyata tidak memiliki ijazah SMA alias hanya ijazah SMP.

Meski demikian, keterbatasan pendidikan formal rupanya bukan menjadi penghambat seorang Susi menapaki kesuksesan sebagai pengusaha.

Bisnis Susi semakin berkembang, puncaknya, ia mendirikan maskapai penerbangan PT ASI Pudjiastuti Aviation, operator penerbangan Susi Air. Saat ini maskapai tersebut memiliki 50 50 unit pesawat dari berbagai jenis. Di antaranya Grand Caravan 208B, Piaggio Avanti II, Pilatus Porter, serta Diamond DA 42. Kebanyakan, Susi Air melayani penerbangan untuk daerah luar Jawa. Tidak hanya itu, Susi juga membuka sekolah pilot Susi Flying School melalui PT ASI Pudjiastuti Flying School.

Bheki Cele


Sosok tegap berwajah garang Bheki Cele yang merupakan salah satu tokoh Partai Kongres Nasional Afrika (ANC), dikabarkan tidak pernah mengenyam pendidikan formal, dan hanya sempat mengikuti pelatihan baca tulis.

Kendati tidak memiliki riwayat pendidikan formal, Bheki Cele masuk ke kepolisian dan memuncaki jabatan Kepala Kepolisian Nasional.

Sayangnya, Bheki Cele terjerat kasus korupsi pengadaan asrama polisi dan membuatnya dicopot oleh Presiden Jacob Zuma pada 2012 lalu.

Meski demikian, Bheki Cele yang kembali ke pemerintahan sejak 25 Mei 2014 ditunjuk sebagai Menteri Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Afrika Selatan. Atas penunjukann dirinya, sejumlah protes dialamatkan padanya yang menyebut Bheki Cele sebagai pejabat tinggi yang paling tidak kompeten.

Smitri Irani


Sama halnya dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Smriti Irani yang juga lulusan SMP menuai kritikan kala ditunjuk sebagi Menteri Tenaga Kerja termuda di Kabinet PM Narendra Modi.

Berasal dari kalangan bawah, sejak usia 12 tahun, Smriti Irani muda terpaksa putus sekolah dan bekerja serabutan untuk menyambung hidup. Tidak hanya itu, ia juga pernah menjadi pramusaji di restoran cepat saji McDonald. Peruntungannya berbalik 180 derajat ketika pada tahun 1998 ia menekuni dunia modeling.

Pada 2001, Smitri menikahi Zubin Irani. Karirnya di bisnis hiburan Bollywood pun semakin berkembang dan membuatanya beberapa kali membintangi judul film.

Uma Bharati

Uma Bharati adalah anggota paling senior Bharatiya Janata Party yang saat ini menguasai parlemen India. Mengusung aliran nasionalis Hindu, Uma Bharati memulai karir sebagai politikus pada tahun 1989 silam. Saat itu ia memulai sebagai anggota legislator mewakili Negara Bagian Lok Shaba.

Sebelum ditunjuk Modi sebagai Menteri Irigasi, Uma Bharati juga pernah dipercaya sebagai menteri pariwisata dan maupun menteri kepemudaaan.

Akibat kepiawainya melakukan lobi-lobi politik, tidak ada yang menyangka jika Uma Bharati bahkan tidak lulus SD karena pendidikan formalnya berhenti waktu kelas 5 Sekolah Dasar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar