widget

Selasa, 06 Januari 2015

BELIEVE IT OR NOT - Dampak Buruk Minum Kopi



Dampak Buruk Minum Kopi
BELIEVE IT OR NOT
Anda penggemar kopi? Kopi memang minum yang disukai oleh hampir semua orang. Kopi bisa dihidangkan sebagai minuman untuk mengawali hari, atau sebagai seduan saat bersantai dengan keluarga, teman, maupun kolega. Aroma kopi yang menenangkan juga bisa menjadi aromaterapi bagi mereka yang merasakan penat selepas bekerja.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kopi memiliki manfaat seperti untuk perkembangan otak, menjaga kesehatan kulit, membantu program diet, dan beberapa manfaat lainnya. Tentu saja karena kopi memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Namun tahukah Anda bahwa meminum kopi secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan? Lalu berapa banyakkah seharusnya kopi boleh dikonsumsi?


Food and Drug Administration memaparkan bahwa mengkonsumsi 400 mg kafein atau setara dengan 3-4 cangkir per hari adalah aman untuk orang dewasa. Sedangkan angka aman untuk anak-anak adalah 100mg/1 cangkir per hari.

Dampak Buruk Minum Kopi
BELIEVE IT OR NOT
Jika Anda mengkonsumsi kopi lebih dari angka aman tersebut, maka Anda harus berhati-hati terhadap 14 dampak buruk kopi berikut :

Jantung berdebar-debar 

Kandungan kafein dalam kopi yang Anda minum memberikan dampak pada kesehatan jantung. Stimulan yang meningkatkan sistem saraf Anda dapat membuat jantung lebih cepat berdetak. Ini berbahaya bagi mereka yang menderita penyakit jantung. Jadi sebaiknya Anda yang menderita penyakit ini mengkonsumsi 1 cangkir kopi saja dalam sehari.

Mudah merasa kecemasan & Gelisah 

Jantung yang berdebar akibat terlalu banyak mengkonsumsi kopi juga berakibat pada meningkatnya adrenalin. Inilah salah satu dampak buruk minum kopi yang berlebihan. Peningkatan adrenalin karena jantung berdebar dapat membuat Anda mudah merasa cemas dan gelisah.

Sakit kepala 

Kopi yang dikonsumsi terlalu banyak bisa berpengaruh pada fungsi otak. Stimulan dan diuretik membuat otak untuk bekerja lembur yang kemudian menyebabkan sakit kepala. Meskipun hanya sakit kepala biasa, Anda harus berhati-hati.

Sensitif 

Jika Anda merasa mulai sensitif setelah meminum beberapa gelas kopi, Anda harus segera mengurangi jumlah kopi yang Anda minum. Kafein merangsang otak dan meningkatkan persepsi seseorang dengan cepat. Ini yang membuat Anda lebih sensitive terhadap sesuatu meskipun hanya dengan sedikit rangsangan.

Sulit tidur 

Kita mengenal kopi sebagai minuman anti kantuk. Ketika bekerja lembur di rumah maupun di kantor pada malah hari, orang memilih meminum kopi untuk membuat mereka tetap terjaga. Tapi ingat, jika ini dilakukan dengan sering dan berlebihan, maka kesehatan Anda akan terganggu karena kurang tidur di malam hari.

Sering buang air kecil 

Kafein adalah diuretik yang menyebabkan intensitas buang air kecil Anda menjadi lebih sering. Jadi jika Anda meminum lebih dari secangkir kopi dalam sehari, berarti Anda akan lebih sering buang air kecil.

Dehidrasi 

Diuretik yang membuat Anda buang air kecil lebih sering akan membuat cairan mineral dalam tubuh anda berkurang. Hal ini akan membuat Anda merasa dehidrasi yang berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh.

Benjolan Payudara 

Meskipun benjolan payudara adalah umum bagi wanita usia reproduksi, ada bukti yang menunjukkan bahwa kopi berperan dalam perkembangan mereka. Benjolan ini bisa jadi adalah kista yang berbahaya. Para wanita pecinta kopi harus mengantisipasi hal ini dengan mengurangi beberapa cangkir kopi dalam sehari.

Sulit berkonsentrasi dan mudah lupa 

Meski kopi memiliki manfaat untuk perkembangan otak, tapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak wajar maka justru akan berakibat buruk. Hal ini karena efek kafein merangsang kerja otak terlalu banyak sehingga membuat otak Anda seolah terpaksa bekerja terlalu keras. Ini yang membuat Anda sulit fokus dan mudah lupa.

Peningkatan Tekanan Darah 

Kopi dikenal meningkatkan tekanan darah segera setelah Anda meminumnya. Kafein yang meningkatnkan adrenalin menyebabkan metabolisme Anda naik dan meningkatkan tekanan darah Anda.

Luka lambung 

Kafein meningkatkan produksi asam lambung. Meskipun tidak secara langsung, tetapi kafein dapat membuat asam lambung tinggi, bahkan hingga ke usus kecil.

Darah tinggi

Anda yang memiliki riwayat hati lemah atau penyakit kardiovaskular atau harus lebih berhati-hati. Minum kopi berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dengan mudah. Kabar buruknya, ini bisa berakibat kematian.

Halusinasi 

Kafein kopi adalah obat psikoaktif. Adrenalin yang tinggi memicu orang mudah menerima hal tidak normal yang didengarnya dan mulai berhalusianasi. Anda harus waspada.

Osteoporosis 

Terlalu banyak kopi menghambat kemampuan saluran pencernaan untuk menyerap kalsium. Seiring dengan berjalannya waktu, sejumlah besar kafein mengurangi kepadatan mineral tulang dan dapat menyebabkan osteoporosis. Osteoporosis bisa terjadi karena hilangnya kalsium akibat sering buang air kecil karena efek diuretik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar